Friday, May 17, 2013

Tumis Ikan Asap, Sayur Toge & Kerupuk Kampung

Sore ini saya harus supervisi course Food Safet y Management di Orion ( Jeng Nyonyah sama jeng Este belom pernah nih masuk Orion..hehehe pamerin aaah..). Asik aja masuk ke Gedung barunya Wur, liftnya asiik (edisi Mince yang ndeso), mana pake nyasar lagi ke lantai 4, hadeeeeh kaya baru pertama kali aja ke sini. Acaranya cuma ngomongin “self reflection” nya  anak-anak yg ngambil course. Intinya saya ngasi feedback, padahal yang ngasi feedback belom tentu bener hihi hi, ya sudahlah…itulah untungnya jadi direktur.
Selesai supervisi jam 5 lebih trus nunggu jeng Nyonyah di depan Orion. Payah, jeng nyonyah di BBM ga dibales2, ditelp ga diangkat2, mana dingin. Masa harus nyusul ke Zodiac sih, kan hujan! Eits dia bales, “udah di de Bongerd, tak tunggu aja di depan”,  katanya. Yo wes meluncurlah saya ke de Bongerd . Rencananya si mau maen Bulu tangkis ganda sama jeng Nyonyah. Ternyata pas nyampe malah ga bisa maen, gara2nya bayar tiket hanya boleh buat tenis, buat bulu tangkis ga bisa. Itulah ruginya ga punya sports card. Eh ga rugi ding, saya kan ga suka dan ga bisa olah raga, bisanya cuma seksi komentator aja hehe..
Berhubung ga bisa ngapa2in dan jeng Nyonyah harus nerusin maen, saya terpaksa harus balik ke rumah nih, mana hujan deres . Nekat ga make celana ‘jas hujan’ karena pede jaketnya udah waterproof (dodol, kan jaket ya, bukan celana) akhirnya bikin saya jadi basah kuyup. Berhubung udah kepalang basah, keinginan buat balik ke rumah saya belokkan dikit jadi balik ke centrum hehe..
Hmm..sempet mikir sih antara pengen ke Z am zam beli daging (plus ketemu mas (ga) ganteng ) ato ke hani-ni beli beras. Tapi berhubung stok berasnya bener2 dah menipis ya jadinya belok ke hani-ni. Pilih sana pilih sini, akhinya dapetlah cabe hijau besar, cabe merah keriting, tempe dua papan, lengkuas, bawang putih, udang, dan beras Thailand tentunya. Karena di luar hujannya makin deras, akhirnya nyante dulu di hani-ni sambil ngobral-ngobrol sama yang punya took. Nah gara2 ngobrol ini saya jadi tertarik sama si ikan asap yang dijual. Bentuknya si ngingetin saya sama ikan asap dari Ambon yang dulu sering dibawa om kalo lagi pulang ke Jakarta, tapi buset  deh mahal bener nih ikan, masa harganya 7.45 euro. yo wes lah, gimana lagi, namanya juga pengen.
Nyampe rumah si nyonyah dan jeng este belom dateng, jadi terpaksa masak sendiri deh. Kupas sana, kupas sini, iris sana, iris sini,  taraa jadinya begini nih.....









Tumis ikan asapBahan-bahan: Ikan Asap, Bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting/rawit (saya make cabe merah), lengkuas, daun salam, sereh, gula, garam, minyak sayur untuk menumis. Cara membuat : daging ikan asap disuwir-suwir, sisihkan. bawang merah, bawang putih, dan cabe diiris tipis lalu ditumis. setelah harum masukkan lengkuas, sereh dan daun salam, kemudian baru ikannya. terakhir tambahkan gula dan garam, jangan lupa dicicip yaaa..

-Mince-