Tuesday, May 21, 2013

Sambal goreng tahu & ayam kecap pengusir depresi cuaca kelabu

Topik tiap hari sekarang2 ini adalah tentang ke-gloomy-an cuaca di Belanda, Wageningen khususnya. Bener2 bikin depresi.... Males banget kaan kalo buka jendela tiap pagi, meski spring, tapi ga pernah liat matahari?. Kalo udah gini, kangeeeeeen banget sama Indonesia (plus mas2 kami yg (kata kami) ganteng hehehe).
Makanya, pagi2, saya dan jeng nyonyah udah ribut2 sama penyakit depresi karena ga ada matahari ini. Sering loh kita becanda, bilang kalo matahari di Belanda ini cuma 1, udah gitu KW pula (emang cuma tas yg bisa KW hehe..). Bandingin dong dengan matahari di Indonesia yang bukan cuma original, tapi jumlahnya pun bisa sampe 8! tapi ini si hiperbolanya kakak saya, yang saking panasnya udara di Rembang sampe bilang kalo mataharinya ada 8. Well, that maybe true :)

Anyway, tiba2 saya kangen masakan ayam kecap mba Sum...tapi berhubung di Indonesia sudah malam dan ga bisa nanya, akhirnya saya inget2 aja bumbu yang kerasa kalo saya lagi makan ayam kecap buatan mb Sum. Rasanya agak2 mirip sih, tapi menurut lidah saya tetep aja enakan bikinan mb Sum... Nah sebagai temennya, saya buat sambal goreng tahu juga. Jadinya lauk2 semua deh ga ada sayurnya..itulah, ternyata depresi membuat orang malas berkreasi hehe..

Ayam Kecap Pengusir Depresi Cuaca Kelabu

Bahan : Ayam (goreng sebentar, sisihkan), bawang merah iris tipis, jahe digeprek, daun salam, cengkeh, bumbu yang diuleg: bawang putih dan merica butiran, kecap manis, kaldu ayam, garam, gula, minyak sayur untuk menumis

Cara membuat : tumis bumbu halus dan bawang merah sampe harum, masukkan jahe, cengkeh dan daun salam. Tuang kecap manis, aduk2. tambahkan air kaldu, tambahkan garam dan gula. masukkan ayam yang sudah digoreng, biarkan sampai bumbu sedikit mengental. angkat dan hidangkan.

Sambal goreng tahu

Bahan:

tahu putih potong kotak2 kecil, goreng dan tiriskan
Bumbu iris : cabai merah buang isinya, iris tipis, bawang merah, bawang putih
Bumbu halus: bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah
lengkuas digeprek
daun salam
santan
air 
gula merah, garam

Cara membuat:
Tumis bumbu halus, bumbu iris, lengkuas dan salam sampai harum.
masukkan tahu, aduk sebentar. masukkan santan. karena saya pake kara, kuahnya saya tambahin dengan air
tambahkan gula dan garam. tunggu sampai mendidih. angkat dan hidangkan. oiyaa, kalo kurang manis bisa ditambahin gula putih sedikit yaa sesuai selera.




-Mnc-