Thursday, June 6, 2013

Bakwan Kawi Malang

Minggu ini cuaca begitu cerah, tapi kabar dari para peramal cuaca sih minggu depan akan kembali gloomy..hmm..Saya pulang lebih awal karena Jeng Mince njemput..dia ada di Orion, gedung baru wur itu.
Dari kemarin kami pengen bakwan kawi Malang..kan punya stock bakso, dari mamanya si Jeng Mimmie ketika antar Jeng Mimmie ke rumah..Jeng Mimmie beberapa hari ini tinggal di Troelstraweg...Oh ya Jeng Mimmie itu ber-gender sama dengan jeng-jeng Troelstraweg, tapi beda species..:D.

Ngomong-ngomong, karena kita ini tinggal jauh dari sumber segala jajanan..maka jadi kreatif ya dalam hal masak-memasak. Coba saat ini saya di Indo, tinggal manggil tukang bakwan kawi yang lewat atau naik motor sebentar ke warung bakwan kawi. Kata Jeng Esteh, di Malang ada yang jual bakwa kawi, per biji nya Rp. 100,00...mana self-service pula,  lalu menghitung sendiri pembeliannya dan  ninggalin uang di situ..semacam lapak kejujuran kali yak..?

So..ini dia  resep bakwan kawi Malang yang kami buat tadi sore...*Oh ya konon, ini adalah juga hasil wawancara Jeng Mince dengan Cak-cak penjual Bakwan Kawi Malang...:D

Bahan :

Daging / thethelan sapi untuk kaldu
Bakso
1 buah tahu putih besar
Kulit pangsit
Mie kuning
1/4 kg daging giling
5 sendok makan tepung tapioka
2 sendok makan tepung beras
Daun bawang
Cabe rawit merah, direbus, haluskan (untuk sambal)


Bumbu :

Bawang putih
Bawang merah
Garam
Merica

Cara:

1. Campur daging giling dengan tepung tapioka dan tepung beras, garam, bawang putih dan merica yang sudah dihaluskan. Masukkan adonan ke dalam tahu putih yang dilubangi di tengah, dan ke dalam kulit pangsit. Kukus tahu berisi daging tersebut. Pangsit isi daging dapat digoreng atau direbus.
2. Kuah : sementara itu rebus daging sapi / thethelan. Masukkan bakso.
3. Iris halus bawang putih dan merah. Goreng. Haluskan bersama merica dan garam. Masukkan ke dalam rebusan daging sapi tersebut. Masukkan pula irisan daun bawang.
4. Siram atau rebus mie kuning.
5. Sajikan seluruh perlengkapan bakwan kawi, tata dalam mangkuk, tuangi kuah kaldu. Bisa ditambahkan kecap, sesuai selera




.  
.
Selamat mencoba
-JNy-

No comments:

Post a Comment